Kamis, 08 September 2011

Panduan Lengkap Google+ Untuk Pemula

Siang sobat, waktu jalan-jalan ane ketemu artikel menarik nih soal Google+. Tau kan Google+?? Jejaring sosial buatan Mbah Google yang sudah semakin populer walaupun masih merupakan versi Beta. Yang ingin tahu soal Google+ silahkan baca artikel ini.


Kayaknya, tiap saat di internet hadir sesuatu yang baru. Akhir bulan Juni lalu gebrakan datang dari raksasa mesin pencari google. Pengguna internet kali ini dimanjakan dengan lahirnya situs jejaring sosial baru yang disebut google plus (google+). Banyak yang mempertanyakan apakah pengguna internet emang perlu jejaring sosial baru. Apa nggak cukup dengan facebook dan twitter saja?

Mereka yang nggak puas dengan facebook seperti dalam kontrol dan persoalan privasi menyambut baik kehadiran google+. Karena induknya adalah mesin pencari yang sulit ditandingi saat ini, google+ juga menjadi powerful karena terintegrasi. Banyak hal menarik lainnya dari google+ yang bisa diketahui setelah gabung menjadi penggunanya. Nah, sebelum kamu join ada baiknya menyimak panduan di bawah ini. :)




Apa sih Google+?


Google+ adalah situs jejaring sosial baru yang dikembangkan oleh google. Layanan ini memberikan sejumlah pengalaman baru bagi pengguna dibanding situs jejaring sosial yang telah ada.

Google+ hadir dengan beberapa fitur andalan seperti circles, sparks, dan hangouts. Fitur seperti halaman untuk bisnis dan lainya kabarnya masih dalam pengembangan.

Kenapa dinamakan google+? Katanya, karena ini merupakan tambahan dari layanan-layanan yang selama ini sudah disediakan oleh google seperti gmail, youtube, google docs, dan lainnya. Google+ memang terintegrasi dengan semua layanan google lainnya.

Tanggal 28 Juli 2011, google+ umurnya genap satu bulan. Biar begitu pengguna situs ini konon sudah mencapai 20 juta dan terus bertambah meski nggak secepat awal kemunculannya.

Saat ini google+ baru dibuka pendaftarannya secara terbatas. Untuk gabung kamu perlu mendapatkan undangan dari orang lain yang sudah punya akun di sana.



Tampilan Google+



Halaman Depan


Halaman Pendaftaran


Halaman Login



Stream
Fitur ini mirip newsfeed di Facebook, tapi bedanya kita bisa menulis dengan jumlah karakter yang tidak dibatasi dan cara berbagi yang sangat-sangat mudah.



Circles
Orang-orang yang kita kenal dapat dikelompokkan dengan gampang dengan cara menarik tiap profil ke dalam lingakaran yang telah dibuat.



Sparks
Fitur ini merupakan integrasi dengan google search. Dengan memasukkan kata kunci tertentu kita bisa mengikuti perkembangan topik tersebut di internet.


Hangouts
Fasilitas ini selangkah lebih baik dari facebook karena dengan hangouts percakapan video bisa dilakukan dengan 10 orang sekaligus. Fitur ini menjadi tambah istimewa karena terintegrasi dengan youtube.


Profil
Profil di google+ minimal menampilkan nama dan foto yang akan ditampilkan kepada publik dan bisa dicari lewat google. Pengguna google+ dilarang membuat akun privat.



Foto
Foto google+ tertintegrasi dengan picasa sebuah layanan penyimpanan foto dari google. Foto akan tampil di halaman google+ orang lain apabila sudah kita share.




Bagaimana Cara Daftar Google+?


Tertarik gabung google+? Sebelum dibuka untuk publik, satu-satunya cara untuk ikutan google+ kamu butuh undangan dari mereka yang sudah memiliki akun.




Kenapa Perlu Ikutan Google+?



image:24.media.tumblr.com


Tiap orang pasti punya alasan masing-masing ketika bergabung google+. Akan banyak pengalaman baru ketika menggunakan google+ setelah sekian lama. Beberapa alasan berikut ini mungkin cocok sama kamu.

Nggak semua untuk publik
Privasi di google+ dapat diatur sesuai keperluan kita. Konten yang kita bagikan bisa dishare untuk orang-orang tertentu, lingkaran teman tertentu, atau bisa juga untuk semua orang.

Ingin berbagi kepada orang tertentu
Di google+ kita bisa berbagi konten, link, video, atau gambar secara terbatas. Kalo kamu ingin berbagi foto dengan beberapa teman tapi nggak mau dilihat sama guru, orang tua atau bos di kantor, di google+ hal tersebut mudah sekali melakukannya.

Mau tau aktivitas seseorang
Google+ secara default membuatkan satu circles yang disebut following. Nah, lewat circles ini kita bisa mem-follow orang-orang yang ingin kita ketahui aktivitasnya di google+. Fitur ini cocok untuk mengikuti stream selebritis, tokoh, atau orang yang kita pandang menarik.

Suka menulis banyak
Lewat stream kita bisa menulis karakter dalam jumlah banyak. Ini beda sama facebook dan twitter yang masing-masing hanya mengizinkan 420 dan 160 karakter saja.

Gabungan sosial media
Percaya atau tidak, setelah menjelajah google+ banyak yang punya kesimpulan google+ itu merupakan gabungan fitur yang kita dapat di facebook+twitter+linkedin. Jadi sekarang fitur tersebut ada di satu tempat dengan penggunaan yang sangat mudah dan tentu saja tampilan yang ringkas serta bersih.




Akses Data


Kontrol terhadap privasi dan akses data merupakan hal yang sulit di facebook. Untuk menghapus akun juga sangat sulit karena tersembunyi. Sebaliknya, google+ memberikan kepada penggunanaya akses untuk mengunduh (dowload) semua datanya yang pernah dimasukkan dan dibagikan di google+.






Apa yang Harus Dihindari


Google+ berusaha memerangi anonimitas dan memperlakukan profil penggunanya sebagai identitas online. Apa sih anonimitas? Sederhananya google+ meminta agar penggunanya tidak menggunakan nama palsu atau samaran. Google+ juga melarang akun pribadi digunakan sebagai profil bisnis atau organisasi. Buat yang bandel akun akan dihapus dengan peringatan terlebih dulu.

Jika ada nama panggilan, kamu bisa masukkan di kolom nama panggilan. Saat ini sepertinya penghapusan baru berjalan untuk pengguna di negara-negara berbahasa inggris. Buat kamu yang punya nama keren alias rada kedengaran aneh perlu berhati-hati karena sepertinya google+ melakukan inspeksi berdasakan keumuman nama orang. Kalo dia curiga karena jarang ada orang dengan nama seperti itu bisa jadi akun kamu masuk dalam daftar yang akan dihapus.

Soal ini mungkin google+ agak ribet, tapi semangatnya tentu saja orang harus ngobrol dengan orang. Karena dengan begitu percakapan akan berlangsung hangat, menarik dan bermanfaat.



Beberapa Ide Menarik Memanfaatkan Google+



Belajar Kelompok
Kalo kamu masih sekolah atau kuliah, fitur hangouts di google+ bagus untuk menggelar belajar kelompok jarak jauh. Fitur ini juga bisa untuk rapat kecil yang diikuti tidak lebih dari 10 orang dari tempat yang berbeda.

Konsultasi Jarak Jauh
Bagi yang punya keahlian memberikan konsultasi fitur hangouts juga bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan klien. Untuk customer support sekarang juga bisa menerapkan model ini. Contoh di sini.

Kursus online

Kursus online yang udah marak secara online sekarang bisa lebih terbantu lagi. Dari biasanya hanya menggunakan fasilitas chat sekarang bisa dilakukan secara visual. Beberapa kursus baru yang membutuhkan visual mungkin akan segera bermunculan. Les gitar atau matematika, ke depan mungkin gurunya nggak harus datang ke rumah siswanya. Contohnya coba klik di sini.

Contoh-contoh:




Google+ Bakal Bermanfaat ?



Seperti disebutkan di atas google+ menawarkan beberapa pengalaman baru dan kontrol terhadap privasi yang lebih baik. Karena masih dalam tahapan tes terbatas sepertinya masih akan banyak perubahan dan tambahan fitur baru.

Apakah google+ bermanfaat buat kamu? Balik lagi kepada cara masing-masing dan untuk apa menggunakannya. Buat kamu yang punya jiwa entrepreneurship, seperti contoh di atas, bisnis jasa sekarang akan mudah dibuat secara online. Syaratnya cuma satu, punya koneksi internet yang bagus.

Bagi yang biasa menggunakan aplikasi google lainnya, dengan google+ semua itu sekarang menjadi terintegrasi dan hadir dengan tampilan menu yang baru. Semestinya dengan berbagai tools yang disediakan google produktivitas penggunanya bisa lebih meningkat lagi. Semoga saja begitu.

Sumber : www.ngeplus.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Web Hosting | Top Hosting